Total Tayangan Laman

Rabu, 28 Desember 2016

Beberapa Hal kecil yang bisa membuat lingkungan hidup lebih baik



Sebagai makhluk hidup, manusia sangat sibuk dengan kegiatannya masing masing, apalagi di kota megapolitan sebesar Jakarta. Banyak sekali kegiatan yang harusnya dapat dilakukan lebih baik agar energi yang kita pakai menjadi efisien. Misalnya nih, pernah kah kalian liat lampu teras masih menyala padahal sudah pukul 12 siang ? Kan sayang banget kalau dia ternyata udah punya orang lain sumber daya listrik jadi sia-sia hanya gara gara lupa dimatikan.

Dari kejadian itu saya berfikir ternyata banyak hal-hal kecil yang bisa kita lakukan agar lebih efisien, dan tentu saja efeknya bisa membuat lingkungan hidup kita lebih baik

1. Sesuaikan lampu dengan ruangan
Di rumah kamu ada berapa ruangan ? Coba sesuaikan dengan kebutuhan daya lampu. Semakin terang lampu, maka semakin besar juga daya listrik yang kamu butuhkan. Kalau bisa, lebih baik beli lampu LED karena dengan konsumsi daya yang lebih kecil dari lampu pijar biasa, namun ketahanan dan cahaya yang dipancarkan lebih terang.

2. Tempel jadwal mati/hidup lampu
Yang ini kamu harus coba, kamu buat pake kertas label jam matikan lampu dan jam nyalakan lampu; misalnya lampu teras: nyala 6.30 pm, mati 5.15 am; kamar mandi : nyala 4.30pm, mati 8.00 am. Kalau kamu konsisten dengan jadwal yang dibuat sendiri saya yakin pasti tagihan listrik akan turun sedikit.

3. Inventarisasi semua gadget dan colokan daya-nya
Ini juga tidak kalah penting, karena hampir setiap kita beli sebuah gadget misalnya handphone, powerbank, wearable devices, speaker, bluetooth handsfree, dan perangkat lain yang daya nya dapat diisi ulang, rata rata memberikan alat catu daya (minimal kabel usb lah) yang kompatibel sama perangkatnya (sekarang hampir semuanya seragam karena pakai micro usb). Misalnya kamu punya hp, powerbank, dan jam tangan android nih, berarti kamu punya 3 colokan, dan kalau malam hari pasti semuanya di charge dan di tinggal tidur sampe besok pagi. Nah coba sekarang kamu taruh 1 charger di rumah, satu charger di tas buat dibawa bawa dan satu lagi di simpen aja dalam dus nya. Jadi kamu cuma pakai powerbank saja kalo keluar rumah, dan kalo malam kamu cuma charge power bank saja.

4. Buka kulkas jangan lama lama
Ini nih kebiasaan orang yang suka nyemil. Kulkas dibuka terus liat tidak ada makanan, ditutup lagi, tapi hal itu diulang ulang terus, bahkan kadang semenit buka kulkas cuma untuk liat isi kulkas yang tidak ada isinya. ini juga boros listrik.

5. Pake tisu secukupnya, jangan semaunya
Kadang buat mengeringkan tangan yang basah saja bisa memakai 3 lembar tisu, padahal 1 saja cukup. Cobalah buat memaksimalkan 1 lembar tisu saja. Kalau selembar sudah basah semua, baru ambil lagi. Sering sekali lihat di tempat sampah tisu masih bersih tapi sudah dibuang.

6. Sampah dibuang pada tempatnya
Nah sampah jangan disempilin/diselipkan, jangan dimakan, jangan dikenang , lebih baik kamu kumpulkan di sebuah wadah/kantung (syukur syukur kamu punya tempat sampah). jadi petugas kebersihan sekitar rumah bisa langsung ambil dan taruh ke tps terdekat. Jangan dibuang ke sungai, ke parit, ke muka orang yang ngerebut dia dari kamu, apalagi ke pinggir jalan; hal itu akan membuang energi petugas kebersihan, kasihan waktu kumpul bersama keluarga jadi berkurang akibat sampah yang kamu buang sembarangan.

+++ Tambahan

7. Meletakkan barang dengan benar
Tolong kamu janji dengan diri kamu sendiri bahwa kamu harus taruh dompet di lokasi a dan taruh kunci di lokasi b, serta jam tangan di lokasi c. Kamu akan menghemat energi kamu sendiri daripada kamu taruh sembarangan terus lupa ditaruh mana. Kamu pasti akan cari sampai keringetan, kesal, marah, cuma gara gara kamu tidak disiplin meletakkan sesuatu pada tempatnya.

8. Gunakan kendaraan umum
Kita sudah sama sama tau Jakarta dan Bodetabek sekarang macetnya seperti apa, dan kamu setiap hari mengeluh tapi kamu sendiri bawa mobil tanpa penumpang lain selain kamu. Ayolah mulai gunakan angkutan umum, sekarang krl dan transjakarta sudah jauh lebih baik kok, dari rawamangun ke sudirman naik transjakarta cuma 35 menit, bus nya ber ac cuma bayar 3500.

kalau kalian bisa ikuti semua (beberapa juga tidak apa apa) saran saya diatas, berarti kamu sudah berpartisipasi dalam menjaga lingkungan kita. kalau kamu menuntut perubahan tanpa melakukan apa apa, yaa tidak akan terjadi apa apa. Tuhan tidak akan mengubah nasib suatu kaum, kecuali kaum itu berusaha mengubah nasibnya sendiri... *Tsahhhh...

Riki Gusmara
2014240022
Tugas Off Class 1 Pertekom 5PFA
Herta Armianti S.Sos, MAIS., Usahid 2016