Total Tayangan Halaman

Kamis, 02 Agustus 2018

A Few Days in Bandung | Perjalanan Ke Bandung 2


Setelah beberapa hari yang lalu saya unggah perjalanan hari pertama saya di Bandung, sekarang saya mau lanjutkan cerita mengenai perjalanan saya di hari kedua.



Perjalanan dimulai dari Apartemen Jarrdin Cihampelas pukul 9.00 WIB, diperjalanan kami makan bubur dulu di depan puskesmas.




5. Curug Cimahi Rainbow Waterfalls Bandung

Rute ke tempat ini sama persis seperti mau ke Dusun Bambu, letaknya sebelum gang ke pintu masuk Dusun Bambu. Persis di sebelah loket masuk Curug Cimahi ada Terminal Cisarua, buat yang mau naik angkot bisa kayaknya. 


Curug Cimahi
Harga karcis nya Rp17.000 dan ada 2 tempat seperti balkon, dimana kalian bisa liat pemandangan curug cimahi dari ketinggian.



Jadi dari loket, kalian akan turun menuju dasar curug cimahi melewati ratusan anak tangga yang sudah berbentuk batu, bukan cuma tanah. disepanjang tangga, kalian juga bisa foto foto, barangkali ada yang bagus.




Kalian harus pikirkan karena ini anak tangga banyak sekali dan butuh waktu sekitar 15 menit untuk sampai ke dasar air terjun. di dasar curug juga tidak boleh berenang, hanya bisa mencelupkan kaki saja.



Disini ada yang jual minuman sachet-an, tapi harganya agak mahal. misalnya saya yang beli 1 bengbeng drink, wedang jahe, dan 2 torabika, harganya Rp24.000. Lalu kalau bisa bawa sendal aja supaya mudah dibersihkan, karena saat di anak tangga di sepertiga perjalanan becek, karena ada air yang keluar dari dinding-dinding tebing.

Yang menyulitkan adalah perjalanan dari dasar curug menuju permukaan loket di atas, karena jarak antar anak tangga agak tinggi. Mungkin bisa butuh waktu sekitar 30 menit untuk sampai di loket. Pikir-pikir lagi kalau mau ajak lansia, ibu hamil, balita, sama difabel yaa, medannya agak sulit.

6. Restoran Saung Balibu


Saung Balibu
Setelah selesai explore curug cimahi, kami beralih menuju Orchid Forest Cikole. Ditengah perjalanan, Adji Saputra melihat spanduk promosi sebuah restoran sunda, dimana nasi, ayam, tahu, tempe, teh manis hanya Rp27.500. Tanpa nyalain lampu sein pikir panjang kami makan deh disini. Suasananya enak, sepi, ada saung lesehan kalau tidak betah di meja makan.


Paket makanan di Saung Balibu

Ternyata harga yang di spanduk promosi itu belum termasuk PPN10%, jadi harga sebenarnya adalah Rp30.250, dan menurut buku menu jika tidak promosi harga paket yang kami makan itu Rp43.000.



Halaman di Saung Balibu
Kalau kata Adji Saputra, makanannya enak, tapi sambal dan nasinya kurang banyak. bahkan kami menambah 1 bakul nasi dan 1 piring telor dadar.



7. Orchid Forest Cikole


Fahmi Aditya @ Orchid Forest Cikole
Selesai makan, kami melanjutkan perjalanan menuju Tangkuban Perahu. Bukan untuk ke kawahnya, namun Orchid Forest Cikole memang berlokasi searah tangkuban perahu, namun sebelumnya. Kalau kalian sudah melihat tulisan Cikole Jayagiri Resort, kalian tinggal belok kiri dan terus menanjak.


Fahmi Aditya, Indra Ari Permana, Adji Saputra, dan Wakhid Subekti @ Pintu Masuk Orchid Forest Cikole
Kami ber-6 mengendarai sepeda motor dan udara disini dingin sekali, disarankan pakai sarung tangan dan buff ya. Saat kami datang, harga karcis masuk Rp35.000 dan parkir 1 sepeda motor Rp3.000. Nanti kalian akan diarahkan buat parkir sepeda motor di bagian paling atas, dimana pintu masuk berada. Di kaca pintu masuk ada tulisan kalau bawa kamera DSLR bayar Rp50.000 tapi saya gak diperiksa tasnya, jadi saya gak bayar lagi buat kameranya.
Fahmi Aditya @ Hutan Pinus, Orchid Forest Cikole
Buat liburan bersama teman-teman atau sanak keluarga, tempat ini amat sangat direkomendasikan. Udara yang dingin, suasana yang tenang dan rimbun, dan adanya tempat kuliner adalah alasan tempat ini layak dimasukkan list kalian saat ke Lembang. Karena dingin, saya sempat khawatir tentang kondisi toilet. Ternyata kekhawatiran saya tidak berdasar, karena toilet disini amat banyak dan kondisinya bersih dan wangi, tapi airnya tetap dingin.
Wakhid Subekti & Indra Ari Permana @ Souvenir Counter, Orchid Forest Cikole

Indra Ari Permana @ Orchid Forest Cikole

Dari pintu masuk, terlihat alur untuk pengunjung sudah diarahkan dengan baik. Pengunjung tak perlu bingung mau kesini atau kesitu dulu, karena semua sudah dibuat searah, dan tracknya menurun. Kalau sudah selesai menjelajahi tempat ini, dibagian bawah setelah pintu keluar telah disediakan mobil untuk pengunjung gratis, untuk membawa pengunjung dari pintu keluar menuju pintu masuk dimana ada parkiran sepeda motor.


Adji Saputra @ Shuttle Car, Orchid Forest Cikole

Selesai dari Orchid Forest Cikole, kami mengakhiri hari kedua di Bandung dengan kembali ke Apartemen Jarrdin Cihampelas. Berikut video lengkap perjalanan kami :


1 komentar:

  1. tempat yang bagus buat liburan ,kayaknya adem banget suasananya..
    banyak spot untuk foto juga..

    BalasHapus